Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Sunday, June 2, 2019

Aplikasi Surat Panggilan Orang Tua Siswa V. excel 01




Salam sejahtera sobat-sobat ruang excel sekalian. Pada kesempatan ini kami ingin berbagi Aplikasi sederhana yang dibuat dari workbooks microsoft excel dengan macros sederhana. 


Aplikasi ini saya beri nama “Aplikasi Surat Panggilan Orang Tua Siswa” berbasisi microsoft excel dan visual basic application yang diperuntukan khusus untuk Bimbingan, Penyuluhan dan Konseling (BP/BK) baik di SD, SMP, atau pun di SMA. Ketika kita pertama membuka aplikasi ini maka akan keluar form untuk mengisi nama pengguna atau pemakai, dan isikan nama pengguna dan kemudian klik Lanjut untuk memulai pembuatan surat. Pada Aplikasi Surat Panggilan Orang Tua Siswa versi excel 01 ini terdapat dua lembar kerja atau sheets yakni :


      1.  Sheet surat :

Pada sheet ini digunakan sebagai sheet edit dan cetak untuk surat panggilan itu sendiri. Pada sheet surat terdapat tombol Catat, Hapus, dan Cetak dengan fungsi masing-masing sebagai berikut :

 


   a. Tombol Catat berfungsi untuk mencatat atau menginput data dari sheet surat yang ada pada cell D11, D18, D19, D20, D25, D26, D60, dan F38  ke daftar surat sebagai sheet arsip. Adapun isi dari cell tersebut adalah sebagai berikut ;


·         Cell “D11” adalah nomor surat

·         Cell “D18” adalah nama siswa yang orang tuanya dipanggil

·         Cell “D19” adalah rombel kelas

·         Cell “D20” adalah alamat orang tua siswa

·         Cell “D25” adalah nama hari pemanggilan orang tua

·         Cell “D26” adalah tanggal pemanggilan orang tua

·         Cell “D60” adalah nama pengguna aplikasi

·         Cell “F38” adalah nama pemanggil atau koordinator BP/BK.


   b. Tombol Hapus berfungsi untuk menghapus data dari sheet surat yang ada pada cell D11, D18, D19, D20, D25, D26, D60, dan F38 ketika kita akan mengimput data surat berikutnya.

c.     Tombol Cetak berfungsi untuk preview atau cetak sheet surat.

 

    2.  Sheets daftar surat :

Pada sheet ini digunakan untuk lembar arsip atau riwayat surat panggilan orang tua siswa yang terdiri dari kolom A sampai kolom I. Perlu diingat pada sheet daftar surat ini yaitu :


  a. Angka pada cell “L1” jangan dihapus karena berfungsi untuk menambah baris otomatis ketika kita input data dari sheet surat.


  b. Jika kita ingin menghapus data pada sheet daftar surat, cukup menghabus datanya saja tanpa harus menghapus row atau baris cell. Jikalau baris cell terhapus maka yang akan terjadi adalah data inputan dari sheet surat ke sheet daftar surat menjadi tidak teratur urutannya.


Demikian info berbagi aplikasi surat panggilan orang tua ini, semoga bermanfaat dan berkah. Aamiin. Terimakasih atas kunjunganya. Salam sukses.


Silahkan unduh Aplikasi Surat Panggilan Orang Tua Siswa 


2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.