Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Friday, April 12, 2024

Aplikasi Dapodik Sekolah Versi 20.02 excel vba


Gambar Menu Login dapodik

Ruang Excel  : Salam sejahtera Sobat ruang excel, Pada kesempatan kali ini akan berbagi aplikasi Dapodik Sekolah versi 20.02 yang didisain seperti Aplikasi Dapodikdasemen. Insyaa Allah aplikasi dapodik sekolah ini sangat membantu dalam pekerjaan kita sebagai operator sekolah atau pun sebagain setap TU bagian kesiswaan. Karena pada aplikasi ini dirancang untuk mengelola administrasi kesiswaan berupa data pokok siswa setiap rombelnya.


Apa sih kegunaanya aplikasi dapodik sekolah versi 20.02 ?


Aplikasi dapodik versi 20.02 merupakan aplikasi excel visual basic application (vba) yang dirancang untuk mengelola data pokok offline dan terintegrasi dengan data pokok siswa dari Aplikasi Dapodikdasmen. Sehingga kita tidak perlu merepot-repot mengentri ulang data siswa atau menyalin data siswa dari dapodik seperti pada umumnya. Karena pada Aplikasi dapodik sekolah versi 20.02 sudah disediakan tombol menu untuk mengunggah data pokok peserta didik dari hasil unduhan data siswa di aplikasi dapodikdasmen offline. Mudahkan sob?


https://ruangexcel.blogspot.com/

Baik, saya akan menjelaskan menu-menu yang ada pada aplikasi dapodik sekolah versi 20.02 dengan rinci.


    

    1. Dasbor     

Menu dashboard ini sebagai halaman depan yang menampilkan indentitas sekolah, menu sheets, jumlah total siswa per kelas dari kelas 7 – 9 dan jumlah rombel serta rincian jumlah kelas dengan menggunakan data validasi dimana dapat ditampilkan sesuai kelas yang akan ditampilkan jumlah siswa -laki dan perempuan per rombelnya. Di dashboard juga dipercantik dengan menu pas foto pengguna atau operator sekolah yang bisa diubah sesuai keinginan kita.

     

     2. Masukan siswa     

Nah sob, pada menu ini terdapat beberapa tombol menu yakni :

Button inport data ini berpungsi untuk mengimport data siswa dari hasil unduhan data siswa pada aplikasi dapodikdasmen offline. Perlu diperhatikan, sebelum data siswa hasil unduhan dimport ke aplikasi dapodik sekolah versi 20.02 pastika file unduhan data siswa dapodikdasmen offline sudah dibuka sebelumnya dan sudah berupa workbook ya sob, agar proses import data siswa berhasil.


Ketika data siswa sudah berhasil terimport ke aplikasi dapodik sekolah versi 20.02 maka jangan kaget sob, data masih belum berurutan. Nah, pada button sort NIPD berfungsi untuk mengurutkan data berdasarkan nomor induk peserta didik.


Button sort NISN fungsinya sama persis dengan sort NIPD sob, namun sort Rombel berfungsi untuk mengurutkan data berdasarkan Rombel. Setelah data siswa sudah berutan per rombelnya silahkan beri nomor urut pda kolom nomor ya sob, kenapa kolom nomor tidak automatis ? karena kalo automatis nanti akan sulit bekerja. Mungkin sobat bisa punya ide sendiri silahkan kembangkan agar lebih puas dan creatif.


Pada button hapus data kita akan dimanjakan dengan hapus data siswa automatis Ketika kita akan import ulang sob, karena kita perlu menghapus data secara manual seperti system blok dan delete.


     3.     Daftar Siswa

Menu ini adalah menu berupa daftar siswa per rombel kelas. Pada menu ini kita bisa menampilkan datas siswa per rombel kelas sesuai keinginan kita dan bisa dicetak. Selain itu sob, pada menu daftar siswa kita bisa merubah KOP daftar siswa yang bisa disesuaikan dengan KOP sekolah masing-masing dengan cara klik tombol ganti logo.


     4.     Mutasi Masuk

Menu mutasi masuk berfungsi untuk mencatat data mutasi siswa masuk yang mana bisa dicetak untuk tanda bukti bahwa siswa akan diterima atau telah diterima dan terdapat tombol catat yang nanti secara otomatis data siswa masuk terinput ke data Riwayat siswa masuk.


     5.     Riwayat Mutasi

Menu Riwayat mutasi merupakan menu atau sheet sebagai rekap data siswa mutasi masuk agar suatu saat kita bisa mengcek dan mencocokan data siswa yang ada di aplikasi dapodikdasmen.


     6.     Data Rombel

Pada menu data rombel ini, silahkan isi sob data wali kelas dan nama rombel kelasnya agar agar ngelink dengan daftar siswa. Jika menu data rombel tidak disi maka pada daftar siswa tidak muncul nama wali kelas.


     7.     Biodata Siswa

Menu biodata siswa merupakan menu tampilan biodata siswa per siswa dimana pada menu ini kita dapat menabah foto per siswa. Tinggal klik tombol ganti foto maka akan menapilkan menu untuk upload foto siswa dan nantinya Ketika kita lkik spin foto akan berubah sesuai data siswa foto tersebut.


     8.     Input Nilai

Nah sob, pada menu input nilai kita akan dipermudah untuk menginput nilai pengetahuan dan prektek per semester dengan masing-masing mata pelajaran tertentu. Di sini kita sediakan 12 mapel wajib dan muatan local serta tambahan maple yang berlakuk di MTs.


Pada input nilai terdapat tombol input nilai dan reset, tombol input nilai berpungsi untuk menginput nilai agar masuk ke data rekap nilai. Sedangkan reset berfungsi untuk menghapus nilai yang telah kita masukan pada menu input nilai. Nah sob, Ketika kita mau menginput nilai siswa berikutnya bisa memanfaatkan menu riset agar nilai yang sudah diinput bisa kita hapus untuk dipergunakan input data siswa selanjutnya dengan klik spin.


     9.   Leger

Menu sheet ini berfungsi untuk merekap nilai siswa dari hasil inputan dari menu input nilai.


    10.Salin

Menu salin merupakan menu untuk mengambil data dari satu sel ke sel lainnya.


    11.Tempel

Menu tempel merupakan menu paste data dari tiap sel yang kita salin.


    12.Simpan

Menu simpan adalah menu untuk menyimpan data yang telah kita masukkan di setiap cell.


    13.Format

Format menu merupakan menu untuk memformat cell baik lebar baris atau lebar kolom.


    14.Pratinjau cetak dan cetak

Pada menu print preview dan print kita bisa manfaatkan untuk meninjauh halaman atau sheet yang akan kita cetak.  


    15.Tutup

masuk ke menu jendela excel

sudah dijelaskan semua ya Sobat ruang excel, tinggal silahkan praktekan namun silahkan lebih jelas simak video  tutorial aplikasi dapodik sekolah versi 20.02  dan bisa unduh  Aplikasi dapodik sekolah versi 20.02

 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.