Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Monday, June 17, 2019

Aplikasi Rapot Kurikulum 2013 Versi Excel 04.19


Aplikasi Rapot Kurikulum 2013 Versi 04.19

Ruang Excel : Salam sejahtera para dewan guru dan operator sekolah. pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu dan Aplikasi. Penghasilan kena pajak dilaksanakannya PENILAIAN Akhir Tahun (PAT), Kegiatan Pembelajaran di sekolah semester GENAP Tahun Pelajaran 2018/2019 Telah Berakhir pula Dan tentunya para dewan guru Beserta Operator sekolah Telah disibukan DENGAN different  telkom  analisis  Dan  Pengelolaan Nilai hasil temuan Evaluasi  Pembelajaran, Sebagai Bahan Pelaporan hasil temuan Pembelajaran Peserta didik di sekolah selama setahun. Oleh karena itu saya mencoba untuk mengembangkan “ Aplikasi Rapot Kurikulum 2013” yang merupakan sebagai upaya untuk mengefisienkan waktu dan meringankan beban para dewan guru dan operator dalam pembuatan pelaporan hasil belajar peserta didik untuk segera dapat dilaporkan kepada orang tua murid  dengan sebaik-baiknya.

Baiklah para dewan guru dan operator yang saya hormati, langsung saja saya paparkan penggunaan dan fungsi Aplikasi Rapot Kurikulum 2013 versi 04.19 semester genap ini.

Pertama , Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dan bukan bersifat paten. Ketika rekan-rekan dewan guru dan operator pertama kali membuka file aplikasi rapot kurikulum 2013 berbasis visual basic (vba) ini, akan disajikan lembaran kerja berupa menu “Login” dan dipersilahkan rekan-rekan dewan guru dan operator untuk memasukkan User (admin) dan Password (YaaFatahuYaaalim) dengan benar agar Aplikasi repot Kurikulum 2013 ini terbuka dan bias melanjutkan ke lembar kerja (sheet) berikutnya.


Kedua , setelah file terbuka maka yang harus rekan-rekan dewan guru dan operator melakukan pengisian kolom “Identitas Sekolah” dan jika rekan-rekan dewan guru dan operator sekolah ingin mengganti profil dengan foto pribadi guru atau operator, silahkan unggah pada bagian pojok kiri-atas dengan klik menu “upload”. Selanjutnya isi menu input data “Siswa”, KKM, Kurikulum (berisi KI-KD), Nilai Sikap, Nilai Pengetahuan, Nilai Keterampilan, dan Absen secara berurutan dan benar. 

Ketiga , Pada lembar kerja (menu Siswa) terdapat lima tombol tombol yakni Import Data, Sorter NIPD, Sorter Rombel, Hapus Data, dan Home (untuk kembali ke halaman utama). Sebelum mengisi menu  input data  “Siswa”, silahkan hapus data dengan mengklik tombol tombol “Hapus Data” (tanpa menghapus baris) dan saya menyarankan untuk mengunduh Data Peserta didik di  Aplikasi dapodikdasmenOffline , kemudian simpan pada folder bersama Aplikasi ini dan buka hasil unduhan file tersebut dengan tidak mengubah format (biarkan format seadanya). Selanjutnya tutup dengan “save close” agar ketika mengunggah data siswa berjalan dengan baik. Hal ini dilakukan agar lebih efisien dan tidak memasukkan ulang data peserta didik secara manual. Penjelasan tombol kelima adalah sebagai berikut :

     1. Hapus Data

Button Hapus data berfungsi untuk menghapus data ketika akan melakukan impor data dengan tujuan agar data tidak bertumpukan.

     2.   Impor data

Button import data berfungsi untuk menginput data peserta didik dari hasil unduhan di  Aplikasi dapodikdasmen offline  agar secara otomatis masuk ke lembar kerja (sheet data siswa).

    3. Urutkan NIPD

Button Sort NIPD berfungsi untuk mengurutkan data peserta didik berdasarkan  urutan nomor  induk secara  otomatis .

     4. Sortir Rombel

Button Sort Rombel bekerja untuk mengurutkan data peserta didik berdasarkan rombel, setelah mengurutkan data peserta didik berdasarkan NIPD (Nomor induk) dengan Sort NIPD.

    5. Rumah berfunfsi untuk kembali ke halaman utama.

Keempat , Silahkan isi menu KKM dengan KKM Satuan pendidikan, isi Kurikulum (KI-KD), Nilai Sikap, Nilai Pengetahuan, Nilai Keterampilan, dan Absen (Ekstrakulikuler,absensi,tinggi badan/berat badan, kolom saran, kondisi kesehatan, dan prestasi peserta didik).

Panduan singkat tentang Aplikasi Rapot Kurikulum 2013 ini, Semoga bermanfaat dan sukses untuk rekan-rekan dewan guru dan operator sekolah.

Unduh  Aplikasi Rapot Kurikulum 2013 Versi 04.19 semester Genap  (kelas 4) 
Unduh  Aplikasi Rapot Kurikulum 2013 Versi 01.19 semester Genap  (kelas 1) 

 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.