Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Friday, June 14, 2019

Aplikasi Excel Input Peserta Didik Baru


http://ruangexcel.blogspot.com/

ruangexcel.blogspot.com: Salam sejahtera saya sampaikan kepada Bapak/Ibu guru dan operator sekolah.  Dalam rangka upaya membantu dan memudahkan pekerjaan operator sekolah atau bapak/ibu guru wali kelas dalam menginput data siswa baru pada kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2022/2023. Maka, dikesempatan ini saya ingin berbagi informasi dan aplikasi input data siswa baru versi visual basic (vba) yang terdapat pada microsoftexcel . Aplikasi input data siswa baru ini Insya Allah sangat bermanfaat dan perlu saya jelaskan secara singkat  kepada bapak/ibu guru atau operator  bahwa aplikasi ini terdapat dua sheet atau lembar kerja excel yakni:

  1. Sheet formulir yang bisa digunakan untuk formulir isian yang harus dicetak dan dibagikan kepada orang tua siswa atau wali murid untuk disi dengan data calon siswa baru.
  2. Sheet Input Data siswa baru terdiri dari empat menu (button) yakni;

a.      Menu Tambah :
Menu tambah berfungsi untuk menambah data siswa baru yang akan diinput pada sheet data dan setiap penambahan siswa baru pada kolom Id secara otomatis menambah.

b.     Menu Edit :
Menu edit berfungsi untuk mengedit atau meperbaiki data yang sudah terinput pada sheet data. Jika perbaikan sudah selesai maka harus klik simpan agar data yang telah kita edit atau perbaiki tersimpan pada sheet data.

c.      Menu hapus :
Menu hapus berfungsi untuk menghapus data yang telah terinput pada sheet data.

d.     Menu Cari Data
Menu cari data berfungsi untuk mencari data yang telah terinput pada sheet data. Ketika kita ingin mengedit (meperbaiki) atau menghapus data yang kita inginkan maka, kita manfaatkan menu cari data untuk menampilkan data secara cepat dan akurat sesuai yang kita inginkan dan akan kita perbaiki atau hapus.

Demikian berbagi aplikasi dan ilmu, semoga bermanfaat, sukses dan berkah. Aamiin.

Aplikasi sederhana Input Data Siswa Baru (PPDB) Unduh di sini.
Aplikasi PPDB terbaru Versi 02 Unduh di sini

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.