Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Friday, May 8, 2020

Aplikasi Input Nilai Rapot SMP/MTs Versi excel 20.02


masukan nilai rapot versi excel 20.02

Sobat  Ruang Excel  : Aplikasi input nilai rapot SMP/MTs Versi 20.02 merupakan hasil pengembangan dari  Aplikasi input nilai rapot SMP Versi 20.01  yang sangat sederhana dengan basis aplikasi visual basic. Pada Aplikasi input nilai rapot SMP/MTs versi 20.02 ini masih tetap terdapat tiga (3) lembar menu yaitu Sheet Input data siswa, input nilai rapot, dan sheet rekap nilai. 


Namun seiring dengan adanya banyak masukan dari rekan-rekan pengguna aplikasi ini, yang menambahkan penambahan mata pelajaran sperti untuk mapel di madrasah tsanawiyah (MTs). Oleh karena itu saya mengembangkan dengan menambah beberapa mapel dan mulok tambahan. Untuk lebih jelasnya mari kita baca lebih lanjut penjelasan sebagai berikut.


    1.    Lembar  Input Data Siswa

Pada sheet ini, silahkan rekan-rekan ops atau guru mengisi dengan data siswa kelas 9 berupa data NIS, NISN, nama lengkap, dan kelas. Data yang ada pada lembar data siswa ini akan di-Link ke lembar masukan nilai rapot.


     2.    Lembar Masukan Nilai Rapot

Pada Sheet input nilai rapot ini terdapat kolom NIS, Nama siswa secara otomatis diambil dari sheet Data input siswa terdapat lima kolom nilai rapot 5 semester terakhir, dimana setiap kolom terbagi menjadi dua kolom (kolom nilai pengetahuan dan keterampilan). 


Pada Aplikasi Input Nilai Rapot SMP/MTs versi 20.02 ada penambahan 5 mapel untuk MTs yakni mapel  Aqidah akhlaq, Al-Qur'an Hadist, Fiqih, Bahasa Arab,  dan  Sejarah Kebudayaan Islam (SKI ) serta muatan tambahan lokal. 


Pada Aplikasi nilai rapot input SMP versi 20.01 tidak ada penambhan untuk mata pelajaran muatan lokal. Nahh, pada Aplikasi Input Nilai Rapot versi 20.02 ini tiga mata pelajaran muatan lokal tidak terkunci sehingga pengguna bisa mengganti mapel muatan lokal bisa disesuaikan pada mulok daerah masing-masing.


Pada sheet ini terdapat tiga tombol atau tombol yakni :

Tombol Putar  
tombol spin berfungsi untuk mengganti NIS dan nama siswa pada sel "D3" dan sel "D4".

Tombol Masukan Nilai  

Tombol Input Nilai berfungsi untuk mencatat atau merekam nilai rapot pada sheet Input Nilai dari cell “D8:M24” ke sheet rekap nilai pada masing-masing mata pelajaran dengan tambahan notifikasi pesan untuk menginput atau batal menginput dan pesan “Berhasil” setelah data nilai berhasil terinput .


Tombol Reset semua  

Tombol Reset All berfungsi untuk meriset ulang atau menghapus semua nilai yang terinput di kolom nilai rapot lima semester terakhir dari sel "D8:M24". Hal ini dilakukam ketika kita akan mengganti dengan nilai siswa lainnya dan sudah saya lengkapi dengan notifikasi pesan Yes/No untuk menghapus data nilai serta pesan berhasil bahwa data nilai telah terhapus.


     3. Lembar Rekap Nilai

Sheet rekap nilai merupakan sheet untuk menampung nilai pada masing-masing mata pelajaran yang bersal dari hasil rekaman data sheet input rapot. dan secara otomatis sesuai dengan nilai inputan dari sheet input rapot. Karena pada sheet Input Nilai ada penambahan 5 mapel, maka di sheet Rekap juga ada penambahan 5 mapel dan 1 muatan lokal tambahan.


Silahkan rekan-rekan ops atau guru agar kami menyiapkan nilai rapot lima semester terakhir tahapan SMP/SMPLB yang terdapat pada Buku Induk Siswa. dan segera unduh aplikasi masukan nilai rapot SMP disini.


Agar rekan-rekan dapat mengetahui postingan terupdate dari ruang excel silahkan klik menu "Follow" atau masukan email rekan-rekan ops atau guru pada kolom email dan klik tombol "Submit".


Saya al faqir memohon maaf bila masih banyak kekurangan dan sudah menikmati berkunjung dan menggunakan aplikasi ini. Semoga Aplikasi excel Input Nilai Rapot SMP aplikasi  visual basic  ini bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian. Aamiin

Untuk Unduh  Aplikasi Input Nilai Rapot SMP/MTs Versi 20.02 

 

 



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.