Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Saturday, May 2, 2020

Aplikasi Excel Input Nilai Rapot SMP Versi 20.01 Vba

Aplikasi Excel Input Nilai Rapot SMP Versi 20.01 Vba

RuangExcel : Pada pasal 1 beberapa ketentuan dalam peraturan Sekretaris Jenderal Pendidikan nasional nomor 2 tahun 2020 Tentang Spesifikasi teknis, bentuk, dan atata cara pengisian blangko ijazah Pendidikan Dasar dan Menengah  Tahun Pelajaran 2019/2020, diubah pada pasal 7 sehingga berbunyi ;

1.   Tanggal kelulusan SD, SDLB, dan paket A atau sederajat ditetapkan tanggal 15 Juni 2020; 

2.   Tanggal kelulusan SMP, SMPLB, dan program paket B atau sederajat ditetapkan tanggal 5 Juni 2020; dan 

3.   Tanggal kelulusan SMA, SMALB, dan program paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 2 Mei 2020.

Sementara itu untuk mengambil nilai untuk ijazah pada bagian blangko ijazah bagian belakang sebagai berikut :

1.   Untuk SD dan SDLB, diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir ( Kelas 4, Kelas 5, dan Kelas 6 semester ganjil ) yakni rata-rata nilai pada semester 7, 8, 9, 10, dan 11; dan sebagai tambahan nilai kelulusan, dapat ditambah nilai pada semester genap kelas 6 (semester 12) dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapot serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya; dan ...

2.   Untuk SMP dan SMPLB diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir ( Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9 semester ganjil ) yakni rata-rata nilai pada semester 1, 2, 3, 4, dan 5; dan sebagai tambahan nilai kelulusan, dapat ditambah nilai pada semester genap kelas 9 (semester 6) dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapot serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmenjarak jauh lainnya.

Guna menyikapi perolehan nilai rata-rata lima semeter terakhir baik SD maupun SMP, saya telah mencoba dan merancang Aplikasi excel dengan visual basic application untuk menginput nilai Rapot SD/SDLB ( nilai rapot semester 7, 8, 9, 10 dan 11 ) dan SMP/SMPLB ( nilai rapot semester 1, 2, 3, 4, dan 5).

Untuk Aplikasi excel Input Nilai rapot semster 7 sd. 11 jenjang SD silahkan diunduh

Sementara untuk Aplikasi Input Nilai Rapot semester 1 sd. 5 jenjang SMP/SMPLB akan saya jelaskan sebagai beerikut :

Aplikasi input nilai rapot SMP/SMPLB yang saya kembangkan adalah aplikasi dari microsoft excel yang sangat sederhana dengan macros dan basis visual basic application. Pada aplikasi input nilai rapot ini ada tiga (3) menu sheet yakni :

1. Sheet Input Data Siswa

Pada sheet ini, silahkan rekan-rekan ops atau guru mengisi dengan data siswa kelas 9 berupa data NIS, NISN, nama lengkap, dan kelas. Data yang ada pada sheet data siswa ini akan meng-Link ke sheet input nilai rapot dengan menggunakan kode Vba.

2. Sheet Input Nilai Rapot

Pada Sheet input nilai rapot ini terdapat kolom NIS, Nama siswa yang secara automatis diambil darai sheet Input data siswa dana terdapat lima kolom nilai rapot 5 semester terakhir, dimana setiap kolom terbagi menjadi dua kolom (kolom nilai pengetahuan dan keterampilan).

Pada sheet ini terdapat tiga button atau tombol yakni

* Tombol Spin berfungsi untuk mengganti NIS dan nama siswa pada cell "D3" dan cell "D4".

* Tombol Input Nilai berfungsi untuk mencatat atau merekam nilai rapot ke sheet rekap nilai ke masing-masing mata pelajaran.

* Tombol Reset all berfungsi untuk meriset ulang atau menghapus semua nilai yang terinput di kolom nilai rapot lima semster terakhir dari cell "D8:M18". dan ini dilakukam ketika kita akan mengganti dengan nilai siswa lainnya.

3. Sheet Rekap Nilai

Sheet rekap nilai merupakan sheet untuk menampung nilai pada masing-masing mata pelajaran yang bersal dari hasil rekaman data sheet input nilai rapot. dan secara automatis berurutan sesuai inputan dari sheet inpur nilai rapot.

 

Silahkan rekan-rekan ops atau guru agar menyiapkan nilai rapot lima semester terakhir jenjang SMP/SMPLB yang terdapat pada Buku Induk Siswa. dan segera unduh aplikasi input nilai rapot SMP Unduh disini.

 

Agar rekan-rekan dapat mengetahui postingan terupdate dari ruang excel silahkan Klik menu "Follow" atau masukan email rekan-rekan ops atau guru ke kolom email dan klik tombol "Submit". 

Saya al faqir memohon maaf bila masih banyak kekurangan dan Terimakasih sudah berkenan mampir dan menggunakan aplikasi ini. Semoga Aplikasi excel Input Nilai Rapot SMP visual basic appliacation ini bermanfaat buat rekan-rekan sekalian. Aamiin

berikut Kode Scrip Input Nilai Rapot dan untuk melihat tutorial aplikasi input nilai silahkan lihat di Part1 dan Tutorial part2

 

 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.