Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Thursday, December 27, 2018

Aplikasi Input Data Mutasi Siswa Baru Ms Excel


excel application

Sobat ruang excelAplikasi Input Data Mutasi Siswa Baru adalah aplikasi input data mutasi siswa baru atau pindahan berbasis Microsoft excel visual besic (Vba). Adapun keguanaan aplikasi yang dirancang secara sederhana ini untuk mempermudah operator sekolah dalam mengelola administrasi khususnya mutasi siswa atau siswa pindahan masuk.

Ketika kita pertama kali membuka aplikasi ini, secara otomatis keluar form kemudian silahkan masukan nama operator dan pilih “Lanjut” maka secara otomatis nama operator tersebut terinput di sheet surat pada Cell D60. Sobat ruang excel, jangan lupa klik “Enable Conten” jika macros belum diaktifkan maka segera aktifkan macro agar menu “Catat” dan “Hapus” pada sheet surat dapat berfungsi.

Pada Aplikasi mutasi masuk ini terdapat dua sheet yakni sheet Surat dan sheet riwayat mutasi. Sheet surat digunakan sebagai input siswa baru dan cetak surat mutasi masuk sementara untuk sheet riwayat mutasi digunakan untuk data riwayat mutasi yang diinput dari data surat. Ketika kita enteri data di sheet surat pada cell C31:C19 dan Cell C23:C24 kemudian klik menu “Catat” maka secara otomatis data terinput ke sheet riwayat mutasi dan data pada cell C13:C19 akan otomatis terhapus. Sementara itu untuk menu “Hapus” berfungsi untuk menghapus cell C31:C19 dan Cell C23:C24. 

Ketika kita klik menu “Catat” selain data terinput dan data terhapus, akan muncul notifikasi “berhasil” sementara ketika pada cell C31:C19 kosong alias tidak ada data yang diketik maka akan keluar notifikasi “Maaf data anda tidak lengkap”. Baik sheet surat dan sheet riwayat surat, sheet unprotect sehingga kita dapat merubah redaksi surat dan KOP (kepala surat) sesuai dengan nama satuan pendidikan masing-masing.

Data yang masuk di sheet riwayat mutasi dari sheet surat secara otomatis masuk berdasarkan nomor urut otomatis. Pada sheet riwayat mutasi di cell P1, harap jangan dihapus karena untuk menjalankan fungsi nomor otomatis.

Bagi sobat-sobat yang menginginkan Aplikasi Mutasi Siswa silahkan download di sini. Cara download klik dua kali pada link download agar kita bias mendapatkan aplikasi tersebut.

Semoga aplikasi mutasi masuk ini bermanfaat untuk para operator sekolah, dan Jangan lupa klik ikuti atau follow atau masukan email anda pada kolom email kemudian klik submit agar ketika ada peluncuran aplikasi baru maka otomatis meberikan informasi ke email anda.  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.