Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Friday, May 3, 2019

Aplikasi Input Data Siswa dari Unduhan Dapodikdasmen Versi Excel

Ruangexcel.blogspot.co.id  Setelah Kemdikbud melalui Diktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah merelis Aplikasi dapodik versi 2019. Sejalan dengan itu, saya berinisiatip membuat aplikasi data siswa yang mana data tersebut diambil dari aplikasi dapodikdasmen. Alhamdulillah, Pada tanggal 1 Muharam 1440 H telah dirilis Apilkasi Data Siswa 2018 berbasis visual basic yang terintegrasi dengan data unduhan peserta didik pada aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.

Aplikasi Data Siswa yang telah dikembangkan ini menampilkan beberapa menu edit dan  cetak  untuk memenuhi kebutuhan operator sekolah maupun guru dalam pengadaan administrasi kelas yakni menu Input data, Data Siswa, Biodata, Daftar Absen siswa, daftar nilai, copy-paste, dan close. Pada menu import data, kita gunakan untuk menginput data peserta didik hasil unduhan aplikasi dapodikdasmen sehingga data yang kita miliki sesuai atau akurat dengan data yang ada pada aplikasi dapodikdasmen baik data online maupun offline.


Pada aplikasi Data siswa berbasis visual basic ini, ketika aplikasi pertama kita dibuka akan menampilkan menu login seperti tampak pada gambar di bawah ini.


Setelah kita berhasil login maka secara otomatis menu login akan tertutup dan akan mengaktifkan menu input siswa, data siswa, biodata, daftar absen, daftar nilai, alat (tools) dan informasi seperti terlihat gambar di bawah yang akan membuka bebarapa sheet yang kita inginkan.



Aplikasi Data Siswa versi 08.01 berbasis visual basic (vba) ini dapat dijalankan pada microsoft office 2007 atau microsoft office 2010. Pada menu input data terdapat menu untuk mengurutkan data berdasarkan Nomor induk sekolah (NIPD) dan mengurutkan berdasarkan rombel kelas secara otomatis. Perlu kita pahami, dalam input data siswa dari hasil unduhan file peserta didik aplikasi dapodikdasmen.

Pertama, kita dapat bertahan karena data siswa akan terinput dengan proses yang memerlukan beberapa menit atau sedikit data peserta didik dari file unduh dapodikdasmen yang akan kita masukan ke dalam aplikasi data siswa 2018 berbasis visual basic ini.
Kedua, ketika kita selesai mengunduh data peserta didik di aplikasi dapodikdasmen jangan lupa ubah atau simpan ke dalam jenis workbook agar data yang telah kita unduh dapat dimasukkan ke dalam aplikasi data siswa 08.01 berbasis vba.

Aplikasi Input data siswa  dari unduhan dapodikdasmen  Unduh di sini

9 comments:

  1. Replies
    1. terimakasih atas koreksinya...link unduh sudah diperbaiki.

      Delete
    2. mohon maaf boleh tau passwordnya apa

      Delete
  2. Apakah bisa ngambil field berdasarkan yg kita pilih?

    ReplyDelete
  3. Bisa asalkan nama sheetnya diganti dengan "Daftar Peserta Didik" dan sesuaikan formatnya.

    ReplyDelete
  4. Aplikasinya Bagus
    Tapi Pada Rombel Terakhir Rumusnya Tidak Berfungsi Dengan Baik
    (Pada Rombel/Tingkat Akhir, Nama Siswanya Langsung Mulai dari Siswa Kedua Bukan Pada Siswa Pertama)

    Mohon Setelah Perbaikan Rumus Filenya dikirim ke email : oktoun4@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf!
      Maksudnya, pada Rombel/Tingkat Terkahir, Nama Siswanya Terbaca Dobel
      Contoh (No. Urut Terkahir antara 21 dan 22 Terbaca Nama Siswa Yang Sama Padahal Jumlah Siswa hanya 21

      Terima kasih

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.