Ruang Excel

Excel application sharing, knowledge of Microsoft Excel, and visual basic application (vba) for education.

Enjoy You'r Visiting

Sunday, June 30, 2019

Aplikasi Mutasi Siswa Masuk versi excel 01


Apliikasi Mutasi Siswa Masuk versi 01

Ruang Excel : Salam sejahtera, Pada kesempatan sebelumnya saya telah meposting artikel dan Aplikasi MutasiSiswa (Keluar) versi 03. Nah, Dikesempatan ini saya akan berbagi Aplikasi Mutasi Siswa Masuk. Aplikasi ini saya buat untuk membantu para operator sekolah agar lebih mudah dalam membuat administrasi mutasi siswa dan pelayanan kepada oran tua siswa.

Pada Aplikasi Mutasi Siswa (masuk) versi 01 terdapat dua lembar kerja excel (sheet) yakni sheet surat dan sheet Daftar Surat.

   1.  Sheet Surat

Pada sheet Surat berfungsi sebagai lembar kerja untuk menginput data siswa masuk dan mencetak surat untuk membalas surat mutasi dari sekolah asal sebagai keterangan bahwa siswa yang dimutasikan telah diterima atau siap diterima.

Pada cell A26:U26 berisi deskripsi data validasi yang bisa diubah (pilih) yang sumbernya dari cell W26:W27 dan bisa diedit sesuai keinginan. Ketika isi cell A26:U26 dirubah pilihannya maka akan merubah status mutasi pada cell C30 menjadi “Telah Diterima” atau “Siap Diterima”.

Status Mutasi “Telah Diterima” apabila sekolah asal telah mengeluarkan berkas mutasi  siswa dan melakukan sinkronisasi aplikasidapodikdasmen online serta sekolah tujuan atau sekolah yang menerima mutasi siswa telah berhasil menarik siswa dari aplikasi dapodik pada portal dapodikdasmen online.

Status mutasi “Siap Diterima”, apabila sekolah asal belum mengeluarkan berkas mutasi siswa dan melakukan sinkronisasi aplikasi dapaodik pada portal dapodikdasmen online sehingga sekolah yang akan menerima siswa mutasi belum bisa menarik peserta didik dari aplikasi dapodik sekolah asal pada portal dapodikdasmen online.

Selain itu, pada lembar kerja (sheet) “surat” terdapat tiga button (tombol) yakni :

      a.  Button Catat

Button catat berfungsi untuk menginput data siswa pada sheet surat agar data masuk ke lembar kerja daftar surat sebagai arsip. Ketika berhasil terinput maka akan ada notifikasi “Berhasil”.

      b.  Button Hapus

Button hapus berpungsi untuk menghapus data isian pada sheet surat ketika data siswa mutasi telah terinput ke lembar kerja daftar surat.

      c.  Button Cetak

Button cetak berfungsi untuk mencetak lembar kerja surat untuk membalas surat mutasi dari sekolah asal.

      2.    Sheet Daftar Surat

Pada sheet daftar surat berfungsi untuk arsip yang datanya hasil dari input sheet surat. Jika kita hendak menghapus data dari daftar surat cukup dengan hapus data tanpa delete baris pada sheet daftar surat dan diharapkan tidak menghapus data pada cell P1, karena sebagai rumus bantu untuk penomoran otomatis pada sheet daftar surat.

Demikian berbagi informasi dan aplikasi mutasi siswa masuk, semoga bermanfaat.

Aplikasi MutasiSiswa masuk Versi 01 unduh untuk pengembangan

 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.